Mari Berkenalan dengan Pengertian SOOC dalam Dunia Fotografi

Ada kalanya Anda mengira bahwa setiap hasil jepretan dari seorang fotografer merupakan sebuah hasil editan. Hal itu Anda dasari dengan penglihatan Anda yang mana kala merasa bahwa foto tersebut sangatlah menarik dan agaknya mustahil bila  tidak melewati masa editing. Tetapi, apakah benar begitu?

Pengaturan untuk SOOC
Pada dasarnya, jawabannya bisa ya dan bisa juga tidak. Hal ini karena dalam dunia fotografi, tidak melulu bercampur dengan dunia editing. Apa maksudnya? Untuk mengerti lebih lanjut, Anda bisa menyimak artikel ini. Pada artikel ini kita akan membahas soal caranya seorang fotografer menghasilkan sebuah foto yang menarik.

Menghasilkan Foto yang Menarik melalui Proses Editing

Tidak bisa dipungkiri bahwa seorang fotografer bisa juga melakukan editing dengan software edit foto semacam Adobe Photoshop, Adobe Lightroom atau produk software editing lainnya. Kumpulan software tersebut memang kerap kali dimanfaatkan oleh para fotografer untuk memperoleh sebuah foto yang tadinya biasa saja menjadi luar biasa indah sehingga memiliki nilai jual.

Dan pastinya Anda tidak asing dengan beragam software editing foto yang banyak orang rekomendasikan, kan? Itulah bukti bahwa proses editing itu memang nyata dan adakalanya diperlukan. Tetapi, apakah semua hasil jepretan yang menarik adalah buah karya campur tangan dari software edit foto?

Menghasilkan Potret yang Menarik dengan Teknik SOOC

Apakah semua hasil jepretan yang menarik adalah buah karya campur tangan dari software edit foto? Jawabannya adalah tidak. Kenapa? Karena ada cara lain untuk mendapatkan hasil foto yang menarik. Yaitu dengan Teknik SOOC.

Apa itu SOOC dalam dunia fotografi? SOOC merupakan singkatan dari Straight Out of Camera. Hal ini berarti bahwa seorang fotografer melewatkan proses editing dalam mendapatkan hasil foto yang menarik. Atau dengan kata lain, seorang fotografer tidak membutuhkan software edit foto untuk menghasilkan foto yang menarik dan memiliki nilai jual.

 Untuk menguasai Teknik SOOC ini, seorang fotografer membutuhkan pengenalan yang lebih dalam pada kamera yang ia sering pakai. Karena sebenarnya, bila seseorang mau mendalami sebuah kamera, terdapat berbagai macam pengaturan yang bisa membantu seseorang memperoleh hasil yang baik.

Maka dari itu, bila Anda ingin menguasai Teknik SOOC, Anda perlu membaca lagi buku manual, memahami segitiga Exposure dan melakukan uji pada semua settingan dan efek gambar pada kamera Anda. Ribet? Pastinya, karena namanya saja adalah mengenal lebih dalam, tidak hanya dipermukaan atau asal bisa tekan tombol jepret.

Saran Melakukan Teknik SOOC

Berikut ini ada saran jika kalian ingin menghasilkan foto yang menarik dengan SOOC (Tanpa melalui proses editing).

Carilah menu yang settingannya tentang kontras dan tambahin kontrasnya supaya dapet warna yg lebih kental. Lalu komposisi exposur-nya berfokus pada subjek foto  agar subjek foto lebih menonjol dari background. Setting juga White Balance di Daylight / Cloudy / Shadow supaya hasil fotonya lebih hangat.

Dan bagi yang ingin mencoba hasil Mirrorless karena udah live view (what you see is what you get), kita bisa lebih mudah untuk mendapatkan foto SOOC, tinggal gunakan saja settingan White Balance, kontras, dan lain lain.

Nah, sekian penjelasan singkat tentang Apa itu SOOC dalam dunia Fotografi.